AdSense

Kamis, 28 Juni 2012

Tiga Prasasti Kuno beraksara Lontara ditemukan di Majene

Jejak Celebes News, Majene: Tiga prasasti kuno ditemukan pada dua tempat yang berbeda di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Prasasti-prasasti itu diklaim sebagai penemuan pertama di kawasan Sulawesi.

Dua prasasti ditemukan di Kecamatan Malunda. Masing-masing dengan panjang 50 sentimeter dan lebar 15 sentimeter. Satu lagi ditemukan di Kecamatan Banggae dengan panjang 50 sentimeter dan lebar 40 sentimeter.

Pada awalnya prasasti tersebut ditemukan warga yang bekerja sebagai penambang batu. "Saat melihatnya, saya kaget dan seolah tidak percaya, sebab penemuan prasasti di Sulawesi belum pernah terjadi selama ini. Saya pastikan ini yang pertama di Sulawesi," kata Kepala Museum Mandar Majene, Ahmad Hasan di Majene, Kamis (28/6).

Dia mengungkapkan prasasti yang pertama di temukan di Lingkungan Bukku, Kelurahan Banggae, Kecamatan Banggae, persis di dekat menhir pemujaan yang dikenal warga sekitar dengan sebutan Batu Miana. Dua buah prasasti lainnya ditemukan di sekitar Kota Tinggi, Kecamatan Malunda, dengan tulisan yang belum diketahui artinya.

"Salah satu prasasti yang ditemukan di Kecamatan Banggae berisi tulisan Lontara Mandar yang diperkirakan merupakan warisan dari abad ke-15. Namun tulisan yang tertera pada batu yang satunya belum diketahui tulisan apa, tapi kemungkinan huruf Pallawa," terang Ahmad Hasan.

Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Majene, Mitthar Thala Ali mengatakan pihaknya akan melakukan kajian lebih lanjut atas penemuan benda yang memiliki nilai sejarah tersebut, bahkan bila perlu akan dilakukan kajian arkeologi.

Lokasi penemuan juga akan dilakukan pemagaran karena kemungkinan masih ada benda sejarah yang dapat ditemukan setelah proses penelitian dilakukan oleh ahli arkeologi. ntApalagi, dalam satu tempat biasanya terdapat berbagai macam prasasti yang bisa ditemukan.(Ant/BEY)
Sumber :  Metrotvnews.com

Artikel Terkait:

by Facebook Comment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar